Dalam melakukan instalasi SDK Android, pastikan seluruh paket yang diperlukan telah ada, paket-paket tersebut adalah :
  1. Paket JDK yaitu jdk-6u3-windows-i586-p.exe
  2. Paket SDK yaitu installer_r11-windows.exe
  3. Paket Eclipse Galileo yaitu eclipse –jee-galileo-win32.zip
  4. Paket Plugin ADT yaitu ADT-10.0.1.zip
Nah sekarang, mari kita lakukan proses instalisasi semua paket yang di perlukan, dengan catatan paket JDK (java) telah terinstal terlebih dalu di komputer anda.
1.      Buatlah sebuah folder baru untuk tempat melakukan instalisasi semua paket dan paket tersebut kita letakkan di dalam folder baru yang kita buat. Misalnya C:\android (folder baru), tempatkan paket SDK dalam folder android lalu ekstrak file Android-sdk_r05-windows.zip, lalu rename hingga menjadiC:\android\android_sdk\
2.      Ekstrak file ADTPlugin.zip lalu tempatkan pada folder kerja tersebut, lalu rename sehingga menjadi C:\android\ADTPlugin\
3.      Ekstrak file eclipse –jee-galileo-win32.zip lalu tempatkan pada folder kerja tersebut, lalu rename sehingga menjadiC:\android\eclipse_galileo\
4.      Nah, setelah selesai ekstraksi paket, dengan menggunakan Windows Explorer klik ganda fileC:\android\eclipse_galileo\eclipse.exelalu akan muncul seperti gambar berikut :
load rony
5.      Gambar tersebut merupakan tampilan looding screen eclipse, tunggu hingga proses bar penuh, dan selanjutnya akan berganti tampilan menjadi seperti berikut. jangan lupa menutup tampilan welcome dengan tanda [X].
7.      Instalasi plugin android, dengan cara klik menu Help – Install New Software seperti gambar berikut :
java EE rony
8.    Selanjutnya klik tombol Add, akan muncul kotak dialog. Pada file name, ketik Android Plugin. Klik tombol archive dan akan muncul jendela browser, lalu pilih file C:\android\ADTPlugin\ADT-0.9.6.zipsehingga lokasi file tersebut tertulis pada field location. Lalu klik ok. Lihat gambar berikut
add site rony
9.      Selanjutnya akan muncul hasil instalasi dan dapat dilihat pada gambar berikut. Beri tanda cek pada developer tools, sehingga seluruh childnya juga diberi tanda cek. Untuk bagian ini perlu di ingat agar koneksi internet di putus, sebab pada proses instalasi tidak secara otomatis melakukan update atau mendownload versi paket yang lain. Klik next  dan finish tunggu hingga proses instal selesai lalukan restart dengan klik yes  seperti gambar berikut :
instal rony
10.      Setelah eclipse restart, akan muncul kotak dialog workspace lancher yang menyatakan workspace yang akan digunakan sebagai pembuatan proyek nantinya. Dengan menggunakan windows explorer buat lah sebuah folder baru dengan nama latihan atau klik browse akan tampil Select Workspace Directory klik Make New Folder lalu rename dengan nama latihan, pilih ok dan ok lagi. Seperti gambar berikut :
swd rony
11.       Selanjutnya eclipse menampilkan loading screen. Tunggu hingga proses bar selesai.
12.      Akhirnya menampilkan IDE eclipse, jangan lupa menutup welcome screen dengan mengklik tanda [X] seperti gambar berikut :
welc rony
13.      Nah, untuk tahap ini sekarang kita melakukan instalasi SDK Android, setelah Java EE – Eclipse terbuka, pilih menu window – klik preferences seperti gambar berikut :
java 1 rorny
14.      Untuk mengambil SDK Android pilih Browse pada SDK Location, dimana paket yang kita buat dengan folder android misalnya :C:\android\android_sdk\ lalu klik ok. Lihat gambar berikut :
brows rony
15.      Pilih Apply dan klik OK.
16.      Nah, sekarang kita akan melakukan konfigurasi terhadap path lokasi android, caranya klik Start Windows  My Computer – Klik kanan Propertis seperti gambar berikut :
set rony
17.       Pada system Properties pilih Advanced  Environment Variables
18.      Pada Environment Variables pilih Path pada System Variables lalu klik tombol Edit.
19.      Untuk tampilan Edit System Variables, tepatnya pada Variable Value : isilah lokasi paket android yang kita buat sebelumnya, dengan catatan berikan tanda ; (titik koma) di akhir String Variable Valuelalu isikan paket android yang kita buat Misalnya,;C:\android\android_sdk\ , klik ok. Lihat gambar berikut :
esv rony
20.      Setelah Edit System Variables selesai, pada Environment Variables klik ok.
21.       Setelah selesai melakukan path SDK Android, sekarang kita kembali ke menu editor Java EE – Eclipse, klik tombol Open the Android SDK and AVD Manager yang letaknya tepat dibawah menu RUNyang di tandai kotak merah seperti gambar berikut
and rony
22.      Pada tampilan Android SDK and AVD Manager pilih New Untuk melakukan AVD baru.
23.      Pada tampilan Create new (AVD) isilah nama baru, target, sd card. Misalnya
Name  : froyo
Target : klik tombol combo box (tanda panah kebawah) pilih sesuai yang ada di  gambar
SD Card : klik tombol size, isikan string 500.
Sesuaikan dengan gambar dibawah, lalu klik Create AVD.
rony
24.       Maka akan muncul AVD baru yang kita buat dengan nama froyo sebelumnya, lalu select froyoklik tombol Start.
25.      Untuk tampilan Launch Options pilih Launch dan tidak perlu melakukan aktivitas sama sekali.
26.      Nah, inilah tahap akhir melakukan instalasi android, kita tinggal menunggung proses loading
27.      Nah, akhirnya proses instalasi Android selesai. Inilah Android yang ada di HandPhone saat ini, jadi kita tidak harus beli handphone yang memilki OS android dan masih terbilang mahal. Cukup bermodalkan paket – paket android dan komputer anda seperti yang diutarakan sebelumnya, anda bisa bereksplorasi sesuka hati dengan android yang instal di komputer anda.
android rony 1
28.      Ini merupakan konten yang ada pada android.
tampilan android
Kesimpulan
Cukup mudah bukan dan sedikit butuh kesabaran dalam proses instalasi SDK Android, tapi dengan artikel ini anda di bimbing secara tahap demi tahap pada proses instalasi SDK Android.